Youtube: Media Informasi TV

Jakarta, PSSI baru saja menggelar Extra Ordinary Meeting malam tadi, Senin malam WIB (16/03/2020) di Hotel Fairmont. Hal tersebut segera dilakukan terkait penghentian aktifitas Publik oleh pemerintah pusat termasuk Sepakbola, Futsal dan olahraga lainya.

Hasil dari Meeting yang dihadiri oleh PSSI, PT. Liga Indonesia Baru dan seluruh peserta liga tersebut, diputuskan untuk menghentikan seluruh aktifitas Sepakbola yakni Liga 1 dan Liga dua sejak Senin kemarin dan kemungkinan akan kembali digelar pada bulan April mendatang, sambil melihat situasi dan kondisi yang ada.

Keputusan bersama ini diambil, setelah menyikapi arahan dari Presiden Republik Indonesia Bpk.Joko Widodo, terkait mewabahnya Virus Corona (COVID-19) di tanah air.

“Kami (PSSI) bersama LIB mengadakan extraordinary meeting, karena menyikapi arahan Pak Presiden (Joko Widodo), berkaitan dengan semua kegiatan yang menimbulkan keramaian massa supaya bisa diberhentikan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan Dilansir dari Detik.

“Hari ini kami mengumpulkan manajer untuk menyamakan persepsi kembali. Meskipun secara komunikasi mereka sudah tidak ada masalah tapi dalam hal ini secara formal kami kumpulkan manager Liga 1 dan Liga 2,” sambungnya.

Pemberhentian Liga 1 selama dua pekan sejatinya bertepatan dengan jadwal kosong. Liga 2 menjadi kompetisi yang paling berimbas terkait jadwal.

“Kapan liga tersebut bergulir? Kita tunggu perkembangannya. Yang jelas dua minggu ke depan kita akan setop Liga 1 dan Liga 2,” ujar Iriawan.

Sementara Liga Futsal Profesonal yang akan berlangsung akhir pekan nanti, di seri terakhir Group-B, secara resmi telah ditunda dengan waktu yang tidak ditentukan oleh Federasi Futsal Iindonesia.

Berikut kami sertakan terkain beberapa poin yang dihasilkan melalui, Exra Ordinary Meeting:

DIPERINTAHKAN KEPADA DIREKTUR UTAMA LIB DENGAN JAJARANNYA UNTUK MENGAMBIL LANGKAH-LANGKAH SEBAGAI BERIKUT :

  • ATAS HASIL DISKUSI DENGAN MENPORA, MAKA PSSI AKAN MENGAMBIL LANGKAH-LANGKAH TERKAIT LIGA 1 DAN LIGA 2 YANG AKAN SAYA SAMPAIKAN KEPADA PARA MANAGER LIGA 1 DAN 2, MELALUI INSTRUKSI SEBAGAI BERIKUT :
  1. PERTANDINGAN LIGA 1 DAN 2 YANG SUDAH TERJADWAL DAN BERGULIR, SEMENTARA WAKTU KITA HENTIKAN
  2. KOMPETISI SEPAKBOLA PUTRA MAUPUN PUTRI, SEMENTARA WAKTU TIDAK DIIZINKAN UNTUK DILAKSANAKAN
  3. KOMPETISI FUTSAL PUTRA MAUPUN PUTRI, SEMENTARA WAKTU TIDAK DIIZINKAN UNTUK DILAKSANAKAN
  4. PENCABUTAN INSTRUKSI PENGHENTIAN LIGA 1 DAN 2, MAUPUN LARANGAN KOMPETISI SEPAKBOLA DAN FUTSAL MENUNGGU PERKEMBANGAN LEBIH LANJUT DAN KEPUTUSAN AKAN DISAMPAIKAN LANGSUNG OLEH KETUA UMUM PSSI.
  • DIPERINTAHKAN KEPADA DIREKTUR UTAMA LIB DENGAN JAJARANNYA UNTUK MENGAMBIL LANGKAH-LANGKAH SEBAGAI BERIKUT :
  1. AGAR MENYUSUN KEMBALI JADWAL PERPUTARAN LIGA 1 DAN 2 KEMUDIAN HAL-HAL YANG BERSIFAT TEKNIS DAN ADMINTRATIF SUPAYA DIKORDINASIKAN DENGAN MANAGER LIGA 1 DAN 2
  2. MELAKUKAN KOMUNIKASI DENGAN PIHAK KEAMANAN (POLRI) TERKAIT PERUBAHAN JADWAL KOMPETISI AGAR DAPAT DIKETAHUI DAN MENYESUAIKAN
  3. MEMBUAT ASSESMENT RESIKO DAN RENCANA MITIGASI ATAS JALANNYA LIGA SETELAH 2 PEKAN KE DEPAN
  4. PSSI AKAN MEMBERIKAN ASISTENSI TEKNIS KEPADA PT LIB UNTUK LAKUKAN KAJIAN BERSAMA DENGAN LIGA-LIGA INTERNASIONAL LAINNYA, KHUSUSNYA ASIA TENGGARA TERHADAP KEBIJAKAN YANG AKAN DIAMBIL SECARA GLOBAL
  5. KAJIAN COST, MANAJEMEN RESIKO DI MASING-MASING KLUB DALAM KONDISI TERBURUK USAI 2 PEKAN PENGHENTIAN SEMENTARA.
  • PSSI AKAN SENANTIASA BERSAMA-SAMA DENGAN KLUB DALAM MENGHADAPI SEGALA KEMUNGKINAN TERBURUK DAN MENGAMBIL LANGKAH YANG DIPERLUKAN.
  • KEMUDIAN UNTUK SEKJEN, SUPAYA SEGERA MELAKUKAN TINDAKAN ADMINISTRATIF SEBAGAI BERIKUT :
  1. MEMBUAT SURAT KEPADA MENPORA TENTANG LANGKAH-LANGKAH YANG DIAMBIL PSSI SEBAGAI TINDAKLANJUT KEPRES NO . 7 TAHUN 2020
  2. KOORDINASI DAN MEMBUAT SURAT KEPADA FIFA, AFC DAN INSTITUSI LAIN YANG TERKAIT , UNTUK MENYAMPAIKAN KEPUTUSAN PSSI TERHADAP KOMPETISI LIGA INDONESIA KARENA ADANYA VIRUS CORONA COVID – 19
  3. KOORDINASI DAN MEMBUAT SURAT KEPADA KAPOLRI, ASOSIASI PSSI MAUPUN INSTITUSI YANG TERKAIT, ATAS INSTRUKSI KETUM PSSI MENYIKAPI KEPRES N0.7 TAHUN 2020.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here