Iringmulyo,Pendidikan adalah hal yang wajib bagi segenap warga Indonesia, baik dari usia dini hingga usia senja. “Long Life Education”, adalah istilah yang dipegang teguh oleh Bapak Much. Muchlis, M.Pd selaku Direktur Utama Pusat Kegiatan Pembelajaran Masyarakat (PKBM) Al Suroya yang berlokasi di Jl. Selagai, gg. Parto, Iringmulyo, Metro Timur.

“Kalo kita cermati, sistem pendidikan kita kan memiliki 3 komponen, formal, non formal, serta informa.Nah, untuk yang non formal itu adalah salah satunya Pusat Kegiatan Pembelajaran Masyarakat, sebuah lembaha pendidikan yang dikelola oleh masyarakat. Jadi kami ini adalah lembaga yang embrionya masyarakat, kebutuhan masyarakat apa terkait pendidikan, itu tempatnya ya PKBM kami ini”, jelasnya kala ditemui di Kantor PKBM Al Suroya.

PKBM yang sudah berdiri sejak 2008 ini mengedepankan pendidikan untuk anak usia sekolah, namun tidak menutup juga pendidikan untuk yang berada di usia lanjut. ” Jenis pendidikan akan dibedakan berdasarkan usia, bisa 7 hingga 59 tahun. Maka tagline kami itu “Long Life Education”, yaitu pendidikan sepanjang hayat. Kita punya kelas anak tidak sekolah usia sekolah, dari usia 7 smpai 21 tahun”, tambahnya.

Beliau juga mekankan bahwa biaya untuk anak usia sekolah ditanggung oleh pemerintah, jadi tidak dikenakan biaya sepeserpun, ” Masyarakat Kota Metro tidak perlu khawatir, dari surat edaran yang kita terima dari Mentri Pendidikan, usia 7 sampai 21 tahun itu murni beasiswa dengan catatan peserta mau menandatangani kontrak belajar selama 3 tahun”, tuturnya.

Terakhir, beliau berpesan bahwa di PKBM Al Suroya semua pendidikan sudah terakreditasi B dan setara dengan pendidikan formal, “Perlu dicatat bahwa, keberadaan PKBM bukan hanya sekedar pelengkap (pendidikan) formal. Bukan sekedar anak putus sekolah atau tidak sekolah, kemudian mohon maaf, dibuang disini. Tetapi, sesuai surat Mentri Pendidikan, Paket B setara SMP/MTS, kemudian Paket C setara SMA/MA dan ini ijazahnya resmi karena diterbitkan dari pusat”, tutupnya.

Tidak ada kata terlambat untuk mengejar pendidikan, karena pendidikan bisa dilakukan dimana saja tanpa mengenal batas usia. Adanya PKBM seperti PKBM Al Suroya ini sangat penting, dikarenakan kebutuhan akan pendidikan oleh masyarakat kita di era sekarang.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here