Masjid Taqwa terletak di Jalan. Letjend Alamsyah Ratu Perwira Negara No. 01 Kampung Imopuro Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro Provinsi Lampung. Kota Metro sendiri merupakan sebuah Kota Otonomi kedua yang berada di Provinsi Lampung yang sebelumnya menjadi bagian sekaligus Ibukota dari Kabupaten Lampung Tengah.

Masjid Taqwa Kota Metro sudah berdiri sejak 21 Juli 1967 dibangun secara swadaya oleh masyarakat Islam (Kabupaten) Lampung Tengah, dan diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia KH. A Dahlan pada 23 Mei 1969.

Masjid Taqwa Kota Metro tahun 1967

Sejak dibangun Masjid ini sudah beberapa kali mengalami renovasi namun tetap mempertahankan bentuk awalnya. Pada tanggal 27 Januari 2004 H.A. Sajoeti selaku Ketua Yayasan Dakwah dan pemeliharaan Masjid Taqwa Metro, H.A Sajoeti menyerahkan pemeliharaan Masjid Taqwa kepada Pemerintah Kota Metro.

Masjid Taqwa tahun 2004 s/d 2013

Bulan Maret 2013 Pemkot Kota Metro melakukan Proyek rehabilitasi total terhadap Masjid Taqwa ini yang kemudian mengundang kontroversi di tengah masyarakat Muslim disana.

Pembangunan Masjid Taqwa ini berlangsung selama dua tahun dan diresmikan oleh Menteri Agama Republik Indonesia ” Lukman Hakim Saifuddin” pada Jum’at malam, 09 Mei 2015. Peresmian dilakukan pada saat beliau menghadiri acara pembukaan MTQ ke-44 Provinsi Lampung Kota Metro.

Masjid Taqwa Kota Metro 2013/2020

Hingga sampai tahun 2020 Masjid Taqwa Kota Metro mengalami kemajuan yang pesat dan megah, dan dapat menampung ratusan jamaah di Kota Metro.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here