Lifestyle, Sarapan menjadi salah satu kegiatan pagi yang tidak boleh kamu lewatkan agar aktifitasmu tak terganggu. Namun, tahukah kamu bahwa menu sarapan yang sering kita makan ternyata memiliki kalori yang tinggi dan gizi yang kurang seimbang.

Simak apa saja menu sarapan pagi yang mengandung kalori tinggi:

1. Lontong Sayur

Lontong sayur mengandung 357 kkal. Kandungan karbohidrat di lontong sayur cukup tinggi yakni hingga 66 persen, dengan lemak 21 persen dan protein 12 persen. 

2. Nasi Uduk

Nasi Uduk memiliki kalori yang cukup rendah yakni 260 kkal. Sayangnya nasi uduk sering ditambah dengan lauk berupa gorengan yang meningkatkan kadar lemaknya, dan menambah kalori menjadi 370 kkal.

3. Nasi Goreng

Nasi goreng ayam mengandung 329 kkal. Namun menu ini tidak dianjurkan untuk sarapan karena rendah serat dan hanya tinggi kandungan lemak dan karbohidratnya saja.

4. Mi Instan

Mie instan memang mudah dimasak dan ringkas, namun kandungan kalorinya mencapai 320 kkal, dan hanya tinggi lemak dan karbohidrat dengan sedikit protein.

5. Nasi Kuning

Nasi kuning lengkap dengan telur dan ayam mengandung 290 kkal. Sayangnya, 90 persen kalori dari nasi kuning adalah karbohidrat.

6. Bubur Ayam

Bubur ayam, lengkap dengan cakwe, kacang goreng dan kerupuk mengandung 372 kkal dan 12,39 gram lemak. Kalori lemak bisa bertambah karena umumnya bubur ayam dimakan dengan sate jeroan.

7. Soto Ayam

Soto ayam memiliki kalori 312 kkal. Namun jika dimakan bersama nasi putih, kandungan kalorinya bisa bertambah hingga 500 kkal.

8. Pecel

Pecel dengan lontong dan gorengan memiliki kalori 290 kkal. Kandungan kalori dalam pecel adalah 55 persen lemak, 32 persen karbohidrat dan 13 persen protein.

9. Wafle

Wafel dengan saus cokelat atau stroberi memiliki kandungan kalori hingga 380 kkal. Kalori pada wafel mengandung 28 persen lemak, 63 persen karbohidrat dan 9 persen protein.

10. Ketoprak

Ketoprak mengandung 402 kkal. Kalori dalam ketoprak tergolong tidak baik karena terdiri dari 34 persen lemak, 50 persen karbohidrat dan 16 persen protein.

Berikut tadi adalah menu sarapan berkalori tinggi dan gizi yang kurang seimbang. Ada baiknya menu tersebut kamu hindari apalagi saat diet.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here