Lifestyle, Diet Ketogenik atau yang biasa disebut Diet Keto, adalah pola makan yang membuat anda mengganti asupan karbohidrat dengan asupan lemak dan protein lebih banyak dari porsi normal. Banyak yang bilang kalo diet ini sangat efektif menurunkan berat badan, tapi perlu diketahui juga diet ini memiliki beberapa efek samping yang membahayakan. Lalu, apa saja efek samping Diet Keto ini?

  1. Berat Badan Turun Dengan Cepat

Bukankah tujuan dari diet adalah menurunkan berat badan? Namun jangan salah persepsi, berat badan yang turun ini bukan tanda tubuh kamu baik-baik saja. Karena pada masa-masa awal tubuh kehilangan cadangan energi utama, dan mengganti cadangan energi dengan lemak sehingga penurunan berar badan hanya bersifat sementara.

Selama kamu menerapkan diet keto, semakin banyak lemak yang kamu makan maka akan semakin banyak juga lemak yang tertimbun di tubuh kamu. Hal itu yang membuat berat badanmu akan baik lagi.

2. Merasa Tidak Enak Badan

Saat tubuh mulai beradaptasi dengan peralihan energi dari karbohidrat ke lemak, pada fase-fase awal kamu akan mengalami gejala flu atau yang biasa disebut “keto flu”. Selama beberapa hari kamu akan mengalami beberapa gejala flu seperti, sakit kepala, mual, dan pusing.

3. Otot Menyusut

Karbohidrat juga berperan penting untuk pembentukan sel-sel otot. Dengan menerapkan diet keto berati kamu mengurangi bahkan menghilangkan asupan karbohidrat. Melakukan diet keto akan membuat otot menyusut atau bahkan pecah bila kalori tidak tercukupi.

4. Kadar Gula Darah Turun

Pada saat masa adaptasi tubuh, kemungkinan kamu akan mengalami Hipoglikemia, yaitu gangguan kesehatan ketika kadar gula darah di bawah batas normal. Hipoglikemia dapat menyebabkan kamu susah berkonsentrasi, mudah lelah, detak jantung tidak normal, sulit tidur, hingga mengalami sindrom kecemasan.

5. Kram Pada Kaki

Saat menjalani diet keto, kadar insulin menjadi sangat rendah sehingga membuat ginjal tidak bisa mempertahankan natrium yang berfungsi untuk mencegah dehidrasi. Dehidrasi ini bisa memicu kram, terutama pada kaki. Meskipun berupa gangguan sederhana, kram pada kaki bisa sangat mengganggu aktifitas kamu.

6. Gangguan Pencernaan

Karena kurangnya konsumsi buah dan biji-bijian, maka kamu mungkin mengalami gejala-gejala seperti perut kembung, sering buang gas, bahkan diare.

7. Bau Mulut

Saat menjalani diet keto, tubuh yang mengolah keton akan meningkatkan aseton dalam darah, urine, dan juga melalui pernafasan. Inilah yang menyebabkan bau mulut.

Untuk itu, sebelum menerapkan diet keto ada baiknya kamu pahami dulu efek samping dari diet yang sedang populer ini. Ada baiknya kamu konsultasikan dulu ke dokter atau ahli gizi terdekat agar lebih mengetahui diet apa yang cocok dengan kondisi tubuh kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here