Lam-Tim,- Dengan ilmu yang didapat seadanya, Mas Adi, seorang Karyawan Swasta, Desa Ganti Warno, Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur. berhasil kembangkan Bisnis berbagai macam bibit tanaman buah dengan hasil yang sangat memuaskan.

Waktu kami temui di area pembibitan miliknya, di samping dan rumah belakang, Mas Adi menjelaskan, berawal dari dirinya tertarik untuk membuka bisnis pembibitan berbagai tanaman buah, dirinya rajin browsing dan membaca cara yang benar untuk pembibitan.

Foto bibit durian bawor kaki tiga
Foto bibit alpukat mentega

Foto bibit kelengkeng merah


Mas Adi berusaha mencari tahu bagaimana cara mengembangkan pembibitan berbagai macam tanaman buah yang baik. Dari hasil itulah dirinya memulai penanaman buah Durian Bawor kaki tiga, alpukat mentega kelengkeng Merah hingga akhirnya kini ia sudah berkembang dan mempunyai pelanggan dari berbagai daerah.

“Ber awal dari hobi saya pertama adalah menanam tanaman sayur sayuran. Seperti mentimun, kangkung, pare dan yang lainnya. Namun saat melihat prospek yang bagus terkait pembibitan tanaman buah, saya pun mencoba untuk memulainya. Dari itu saya makin tertarik akhirnya saya terjun untuk menanamnya. Dan Alhamdulillah dari hasil jerih payah itu kini pembibitan tanaman buah saya sudah mulai terjual dan menghasilkan,” ungkapnya, (08/02/2020).

Foto pengiriman bibit ke konsumen

Dari hasil Kerja keras Mas Adi tidak mengenal lelah ketika bibit tanaman buah rusak dan mati. Ia pun langsung kembali mengurus bibit tanaman buah itu agar tetap tumbuh dengan baik.

“Ya itulah namanya hobi, saya tidak akan menyerah atau hilang semangat, hanya karena kegagalan satu itu. Apalagi kegagalan itu bukan akibat dari kesalahan pola tanam. Mudah-mudahan kedepannya saya berniat untuk melebarkan lagi lahan pembibitan ini agar bisa berkembang lebih baik lagi dan menghasilkan,” tegasnya.

Untuk saat ini lahan pembibitan tanaman buah miliknya belum seberapa luas. Mas Adi hanya memanfaatkan lahan yang ada di belakang rumah dan di samping. Tetapi dari hasilnya, lumayan bisa jadi penghasilan.

Foto macam-macam bibit buah

Dalam pemasarannya saat ini tidak susah. Saat bibit tanaman buah sudah siap dipasarkan maka tinggal upload saja di media sosial miliknya ujar mas Adi. Khususnya para pembeli yang sudah mengetahui lokasi pembibitan tanaman buah miliknya. Tanaman buah ini ditanam dan diberi pupuk organik, agar hasilnya subur dan memuaskan.


“Semoga Untuk pengembangan pembibitan tanaman buah ini di Kel. Ganti Warno kec. Pekalongan ini semakin baik dan terus dapat menghasilkan,” terangnya.


Phone Number (082375336550)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here