Metro Selatan, Siapa yang tidak takut ketika melewati jembatan Pelita yang berada di Bukit Perkemahan, Sumbersari, Metro Selatan? Bagian jembatan yang sudah rusak hanya ditambal dengan kayu-kayu dengan hanya diikat membuat jembatan ini sudah sangat tidak layak untuk dipergunakan.

Menurut warga setempat, sudah cukup lama jembatan ini rusak dan tidak ada perbaikan dari pihak terkait. “Sebenarnya sudah lama waktu itu (perbaikan jembatan), dua tahun lalu kalo gak salah. Semenjak itu kan setiap hari ada yang lewat, mungkin itu ya yang bikin (jembatan rusak). Soalnya waktu itu (2 tahun lalu) perbaikannya cuman pakai kayu-kayu yang kurang bagus, jadi cuman sebentar sudah patah lagi”, menurut warga sekitar yang bernama Mutia Yasmin.

Menurutnya kondisi jembatan yang berlubang membuat sebagian pengendara yang lewat merasa takut. “Ya ngeri si, apalagi ibu-ibu ya. Kadang sampe harus turun trus nuntun motor kalo mau lewat jembatan itu karena takut”, imbuhnya.

(Kondisi Jembatan Pelita yang Hanya Ditambal Ala Kadarnya)

Beliau juga menyebutkan bahwa saat ini ada salah satu warga yang dengan suka rela meperbaiki jembatan yang menghubungkan daerah Sumbersari dengan Margototo tersebut hanya bermodalkan kayu dan batu, “Ya yang mau benerin cuman ada satu warga, Bapak Hidin kalau orang sini bilangnya. Pokoknya cuman dia yang mau nambal-nambal (jembatan), mukulnya aja cuman pakai batu.”

Jembatan Pelita adalah salah satu jembatan yang menjadi ikon Kota Metro dan sekitarnya. Apabila tidak segera diperbaiki, kondisinya akan semakin buruk dan dikhawatirkan akan menimbulkan korban. Apalagi daerah sekitar jembatan ini juga menjadi destinasi wisata seperti Flying Fox, Taman Bermain Anak, dan Bukit Perkemahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here