Jika kita berbicara tentang tarian adat daerah yang ada di Indonesia, tentu tidak akan ada habisnya. Seperti kita tau, setiap daerah di nusantara pasti mempunyai tarian adat guna menunjukan identitas serta eksistensi daerah tersebut.

Tarian merupakan sebuah pertunjukan seni yang memadukan antara gerakan tubuh dengan bunyi alat musik yang mengiringinya.

Provinsi Lampung adalah salah satu daerah yang terkenal dengan produk budayanya yang sangat beragam. Di provinsi ini, ada banyak tarian adat yang biasa ditampilkan untuk memeriahkan sebuah acara seperti acara pernikahan, peringatan hari tertentu, kunjungan, penyambutan tamu dan sebagainya.

Nah, berikut ini adalah beberapa tarian adat Lampung yang masih di lestarikan.

-Tari Sembah / Tari Sigeh Pengunten
-Tari Melinting
-Tari Bedana
-Tari Cangget
-Tari Merak

Kota Metro sedang melakukan pembenahan dan pengembangan kota yang lebih maju menuju visi dan misinya sebagai kota pendidikan dan wisata keluarga di Provinsi Lampung dengan memperbaiki sektor pendidikan, keamanan dan kebersihan.
Hal inilah yang menjadi motivasi pemerintah untuk melestarikan seni Budaya Tari di kalangan Pelajar, Mahasiswa, dan masyarakat itu sendiri.
Salah satunya Siswa dari SMU Negri 4 Metro Timur ini, di mana seni Tari adat lampung sudah mereka pelajari di sekolahnya, selain untuk pentas seni sekolah Tari adat Lampung ini sudah dijadikan bahan ujian untuk pengambilan nilai praktek sekolah.
Adapun suka duka dalam melatih Tarian Adat Lampung ini, dirasakan Mba Yuli Mahasiswi Dharma Wacana yang saat ini sedang menyusun skripsi, membagi waktu antara melatih tari dikalangan pelajar, kuliah hingga menjadi guru Honorer tidaklah mudah, tapi kecintaanya akan seni Tari inilah yang menjadikan kekuatan bagi dirinya sendiri, saya semangat jika anak – anaknya semangat, dan saya harus tetap semangat walau mereka tidak semangat karna bagai manapun kita sebagai generasi muda harus mencintai budaya kita sendiri dari pada budaya asing.,”ujar Mahasiswi ini.

Dengan melestarikan Budaya dengan baik maka kita akan di hargai dan dikenal oleh seluruh Negara di dunia ini, dan dengan kita mencintai budaya sama seperti menjunjung tinggi harga diri Bangsa dan menghormati warisan leluhur Negri kita ini.

contact narasumber(085764088374)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here