Metro Selatan – Mirisnya warga yang membuang sampah dijalan raya yang berada di perbatasan Margorejo Metro Selatan dengan Tejosari Metro Timur, masih saja terulang kembali salah penempatan dalam membuang sampah, tepatnya di jembatan Jl. Adipati Raya.

“Saya sudah sering menghimbau warga yang berada disekitar tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan,” kata Bpk Mirsyam selaku Ketua Rt yang berada dekat jembatan jl. Adipati Raya tersebut, (05/02/2020).

Diterangkannya, sampah yang ada dilokasi masih menjadi masalah di Metro Selatan ini, bahkan akibat sampah yang menumpuk dipinggiran jalan raya, bisa saja menimbulkan penyakit, baik itu kesehatan maupun masalah sosial dan lingkungan.

Sebab dari itu, saya minta kesadaran Masyarakat ‎untuk tidak membuang sampah yang bukan tempatnya,”tegasnya.


“Kesadaran Masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya harus lebih ditingkatkan lagi, masih sangat rendah jangan ada lagi yang membuang sampah sembarang yang mengakibatkan sampah berserakan di jalan raya dan di tempat umum,” ungkapnya. 

Kendala lainya yang tak kalah penting yaitu ketersediaanya armada pengangkut sampah yang harus rutin memeriksa dan berkeliling untuk mengangkut sampah disekitaran rumah warga.

Bpk Mirsyam mengaku, saat ini armada yang dimiliki oleh Dinas lingkungan hidup dan kesehatan, hanya mampu mengangkut sampah di tiga atau empat kecamatan yang ada di Kota Metro ini, seperti Kecamatan Metro Utara, Metro Timur, Metro Barat, dan juga sesekali ke Kecamatan Metro Selatan. 

Disebabkan keterbatasan Armada pengangkut sampah, ucapnya, pengangkutan sampah tidak maksimal dan harus berbagi ke seluruh tempat pembuangan sementara (TPS).

“Jadi warga harus sama-sama saling menjaga lingkungan jangan sampai membuang sampah di sembarang tempat hingga berserakan,” pesan Bpk Mirsyam. 

“Kami juga sudah melakukan upaya sosialisasi mengenai masalah penanganan sampah, salah satunya melalui pemasangan spanduk mengajak warga setempat untuk membuang sampah pada tempatnya. Tujuannya agar kita saling menjaga kebersihan lingkungan dan terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh sampah tersebut,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here