Lifestyle, Masih ingat dengan Arya Permana, bocah yang sempat diklaim sebagai bocah terberat di dunia pada 2016 lalu? Baru-baru ini bocah tersebut kembali menjadi viral karena sukses menurunkan berat badannya dari semula 193 kg kini hanya 83 kg.

Sebelumnya Arya sanggup makan 5 (lima) kali sehari dengan porsi orang dewasa. Badannya yang berukuran besar membuat ia sulit untuk berjalan. Bahkan Arya sempat mendapatkan perawatan medis pada tahun 2017 lalu.

View this post on Instagram

“Mas ade, katanya kalau kita fitness , badan nya nanti tambah besar tapi ‘anu’ nya kita nanti jadi tambah kecil ya?” 🙈… Fitnessmania… dahulu kala berat badan saya hanya 55 kg dengan tinggi badan yang sama seperti hari ini 183 cm, pada saat itu ukuran JARI KELINGKING saya besar nya normal spt ini🤘… Beberapa tahun kemudian ketika saya tambah rajin fitness nya, berat saya menjadi 87 kg, terutama massa otot saya bertambah termasuk bagian OTOT PAHA saya, uniknya UKURAN jari kelingking saya pun tetap sama. Dalam hal ini tidak terjadi pemBESARan atau pengKECILan ukuran jari kelingking saya, yang terjadi sesunguhnya adalah justru bagian tubuh saya yang lain lah yang membesar, terutama otot PAHA saya .. sehingga ILUSI yang tersampaikan seolah-olah ukuran jari kelingking saya yang mengecil… Mohon tidak salah paham ya fitnesmania🙏 FOTO di atas pun demikian.. tidak terjadi pemBESARAN atau pengKECILan pada tubuh saya, namun yang terjadi adalah pengecilan di tubuh @ariaa.prm ( dari 193 kg menjadi 83 kg), sehingga ILUSI yang tersampaikan seolah-olah di foto ini UKURAN saya yang bertambah membesar ha3… Moral dari cerita ini, Fitnessmania .. bagi TEMAN-TEMAN yg sampai saat ini masih merasa TAKUT kalau nanti kita fitness, badan atau otot nya membesar akan menyebabkan “anu” mengecil? Jangan khawatir yaa .. TIPSnya sederhana.. ingin “anu” nya terlihat besar? “kecilin paha !” 👏👍🏻…. 😂😂 #cerdasfitness #selfreliance #lifelongfitness #naturalbodybuilding #fatloss #wellbeing #pleasantness #body #body #health #mind #peace #emotion #love #lifeenergy #bliss #being #conciousness #infinity #sca #alliswell 🙏

A post shared by Ade Rai (@ade_rai) on

Adalah Ade Rai, Atlet Binaragawan Senior Indonesia yang membagikan kisah penurunan berat badan Arya yang sangat signifikan. Beliau bekerja sama dengan seorang praktisi pola hidup sehat, Adrian Maulana menjadi mentor dan mengawasi Arya Permana selama menjalani program diet.

Ade Rai melatih Arya dengan berbagai variasi gerakan gym. Namun begitu, ada hal lain selain gym yang menjadi kunci Arya berhasil menurunkan bobot tubuhnya. Berikut ini adalah rahasia Arya turunkan hampir 110 Kg bobot tubuhnya selain nge-gym :

1. Kurangi Konsumsi Gula dan Minyak

Makanan yang mengandung gula dan minyak berlebih memang tidak baik untuk tubuh. Untuk itu Arya mesti menahan diri untuk tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung dua zat tersebut secara berlebihan.

2. Memahami Cara Diet yang Sehat

Menurut Arya, tubuhnya sekarang sudah lebih mudah untuk digerakan, tidak seperti pada 2016 lalu. Arya juga menuturkan bahwa diet yang dilakukannya bukanlah diet yang sampai menyiksa diri dengan menahan lapar berlebihan, namun cukup dengan mengganti menu dan cara penyajian yang lebih sehat.

3. Sudah Tidak Mengkonsumsi Mi Instan

Ayah Arya, Ade Sumantri menuturkan bahwa anaknya sudah tidak mengkonsumsi mi instan dan minuman ringan yang sudah menjadi kegemaran Arya pada usia 8-9 tahun. Arya begitu menjaga pola makannya sehingga bisa menurunkan hampir 110 Kg berat badannya.

4. Memperhatikan Pola dan Perilaku Sehari-hari

Menurut Ayahnya, Arya bisa berhasil menurunkan berat badan karena Arya dengan disiplin mematuhi treatment yang diberikan oleh pelatihnya, Ade Rai.

Bagi Ade Rai, pola perilaku dan kemauan dari pribadi Arya-lah yang menjadi kunci penurunan berat badannya.

4 (empat) rahasia ini lah yang sukses membuat Arya turun dari 193 Kg menjadi 83 Kg seperti sekarang. Perilaku dan pola makan sehat inilah yang menjadi kunci, ditambah lagi yang paling penting adalah tekad dan keinginan yang kuat dari Arya membuatnya menjadi seperti sekarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here