Fhoto by ari martin

APILL merupakan singkatan dari Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas. APILL merupakan peralatan yang menggunakan isyarat lampu untuk mengatur lalu lintas orang serta kendaraan di persimpangan atau pada ruas jalan.
Terkadang kita sering mendengar istilah-istilah lalu lintas yang justru tidak akrab di telinga. Misalnya saja seperti lampu lalu lintas yang memiliki tiga warna atau biasa disebut lampu merah.
Terbatasnya APILL di Kota Metro bisa kita lihat di beberapa titik seperti Jln Gele Harun no 151, Gele Harun no 59 dan Jln Riyachudu no 40 d, tepat di jalan-jalan inilah yang mestinya sudah terpasang alat pengatur lalu lintas tersebut.

Di saat jam kantor dan anak-anak sekolah mulai berangkat untuk beraktifitas, terjadi kemacetan karena banyaknya pengendara yang ingin menyebrang lebih dulu, sehingga tak jarang kita melihat ada beberapa aparat Kepolisian dari Polantas Kota Metro selalu berjaga untuk mengurai kemacetan.
Selain untuk memperingan kerja dari Aparat Kepolisian (Polantas) APILL di fungsikan untuk mengurangi tingkat terjadinya kecelakaan lalu lintas dan menertibkan serta memperlancar pengguna jalan raya itu sendiri.
Begitu pentingnya alat ini dipergunakan sehingga kita dapat mendorong pemerintah yang terkait untuk mulai memperhatikan dan memasang alat tersebut, di beberapa titik ruas jalan raya yang ada di Kota Metro, mengingat Kota Metro adalah salah satu Kota yang sedang berkembang di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here