2020/01/07

 Lampung– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Meteorologi Maritim mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi berlaku 7 Januari 2020 hingga 9 Januari 2020 pukul 07.00 WIB.

Peringatan dini tersebut berlaku pada sejumlah wilayah perairan di Indonesia, termasuk di Perairan Lampung. Potensi Tinggi gelombang diperkirakan berkisar 1,25 meter hingga 4 meter.

Kepala Sub Bidang Analisis dan Prediksi Meteorologi Maritim, Rismanto Effendi dalam keterangan resminya menyebutkan bahwa terdapat Tropical Cyclone Blake 993 hPa di Perairan Barat Laut Australia.

Kondisi itu menyebabkan peningkatan kecepatan angin dan tinggi gelombang di Samudera Hindia Selatan NTT, Perairan selatan P. Sumba, P. Sawu, dan P. Rotte.

“Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 3 – 25 knot sedangkan di wilayah selatan Indonesia dari Timur – Selatan dengan kecepatan 3 – 20 knot,” kata Rismanto, Selasa (7/1/2020).

Berdasarkan data yang dirilis BMKG Maritim, wilayah perairan Lampung yang berpotensi terjadi gelombang tinggi berkisar 1,25 meter – 2,5 meter di antaranya Perairan Barat Lampung dan Selat Sunda Bagian Selatan.

Rismanto mengimbau kepada masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran.

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran : Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m),” jelasnya.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” pungkasnya.

Berikut data lengkap peringatan dini gelombang tinggi yang dirilis BMKG Maritim berlaku 7-9 Januari 2020 pukul 07.00 WIB:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here